Dua minggu ini server Hotspot saya upgrade dari Ubuntu 9.04 ke 9.10, alasannya Ubuntu 9.10 sepertinya lebih cepat bootingnya.

Upgrade selesai dan mulus, semua aplikasi bisa berjalan lancar, tetapi setiap pagi banyak user yang komplain gak bisa akses hotspot…we… lhadalah..blaen iki….langsung cek server, ternyata di server pun gak bisa konek ke internet, kenapa nih..karena pusing gak tau penyebabnya akhirnya server di restart, semua bisa berjalan lagi….

Keesokan harinya, telpon berdering lagi dengan komplain yang sama…wah mumet ki…kenapa setiap server hidup selama 24 jam kok networknya jadi drop…..utak-atik sampai botak akhirnya ketemu juga penyebabnya..ternyata setelah di cek di konsole dengan perintah free -m, memory di server habis..he..he..service apa ya yang rakus memori…?

coba pake perintah top, hasilnya semuanya normal dalam arti gak ada program yang rakus memory..wah tambah mumet ini…dua minggu berlalu server jalan tapi tiap pagi harus direstart…lha kalo ditinggal pergi2 gimana dong….

browsing cari solusi, utak-atik..sampai mumet…dapat kesimpulan kalo masalahnya ada di cache memory…

nyerah….he..he..

santai-santai di rumah coba browsing-browsing lagi dan menemukan link http://duopetalflower.blogspot.com/2009/09/clearing-cache-memory-in-linux-using.html

coba ah siapa tau bisa dan ternyata berhasil..he..he….

ternyata solusinya tinggal kasih perintah di konsole as root seperti ini

sync && sudo sysctl -w vm.drop_caches=3 && sudo sysctl -w vm.drop_caches=0

dan masukkan perintah tersebut dengan cron agar dijalankan setiap jam sekali..dan sekarang serverku lancar lagi ..gak pake reboot kalo pagi…suwun..thanx for Sankaran Raman for clue on your blog……

sebelum diclear

setelah di clear

Iklan